ASANKA IDEA RUSH

Diperbarui tanggal 20 October 2017


Yth. Para Finalis Gemastik 10,

Panitia Gemastik 10 bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan ASANKA IDEA RUSH. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 pukul 08.00-14.00 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, sebagai salah satu agenda Gemastik 10 (*Hackathon Data).

Registrasi dapat dilakukan pada: https://www.surveymonkey.com/r/FZZ5MP7 paling lambat 2 November 2017.

Berikut informasi mengenai acara:

ASANKA IDEA RUSH

Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembangunan Indonesia

Pada hakikatnya, pembangunan merupakan upaya mewujudkan tujuan nasional bangsa Indonesia yang maju, mandiri, sejahtera, berkeadilan, berdasarkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setiap individu memiliki peluang yang sama untuk berkontribusi dalam menyukseskan cita-cita pembangunan. Pemerintah berkewajiban merancang pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Namun, hingga saat ini, masih terdapat kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi.

Berdasarkan hal tersebut, diperlukan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan. Generasi muda memegang peranan penting sebagai penerus bangsa. Pemuda pemudi Indonesia mampu menyuarakan ide dan gagasan mereka melalui berbagai cara dan media. Dewasa ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan.

Asanka Idea Rush merupakan salah satu sarana untuk menggali potensi generasi muda dalam menjawab permasalahan pembangunan di Indonesia. Generasi muda harus mulai mengambil langkah untuk membantu pemerintah melaksanakan pembangunan. Melalui Asanka Idea Rush, inovasi-inovasi yang dikemukakan dapat menjadi acuan bagi rancangan pembangunan pemerintah selanjutnya.

Pemuda pemudi yang terlibat dalam Asanka Idea Rush akan mendapatkan pemaparan mengenai permasalahan pembangunan yang masih terjadi di Indonesia. Setelah itu, peserta akan di bagi ke dalam kelas-kelas yang satu kelasnya terdiri dari empat kelompok peserta. Peserta kemudian diminta untuk merumuskan ide yang dapat diangkat menjadi solusi atas permasalahan yang dipaparkan. Dalam merumuskan ide, peserta akan dibantu oleh fasilitator yang dapat menjelaskan secara lebih detail terkait permasalahan yang diangkat menjadi tema idea rush tahun ini. Setiap kelompok peserta ditantang untuk mampu menyampaikan dan mempertahankan ide solusi permasalahan di hadapan mentor dan peserta lain di masing-masing kelas. Akan dipilih 1 ide terbaik per kelas untuk mendapatkan hadiah menarik serta 2 ide terbaik secara keseluruhan akan ditetapkan sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah utama.

Video teaser: https://www.youtube.com/watch?v=Otk9CCU5hTM

Poster: ASANKA IDEA RUSH